Kesehatan

5 Penyebab Keputihan Setiap Hari yang Perlu Diketahui

Penyebab Keputihan Setiap Hari bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor utama yang kemungkinan tidak kita ketahui. Oleh sebab itu, agar tetap bisa menjaga kesehatan intim, terutama bagi seorang wanita. Maka penting bagi anda untuk mengetahui beberapa penyebab keputihan setiap hari dibawah ini !

Apa Saja Penyebab Keputihan Setiap Hari?

 

Infeksi Jamur

Salah satu penyebab keputihan setiap hari adalah infeksi jamur. Memang kondisi yang normal bila terdapat jamur ragi pada organ intim kewanitaan. Akan tetapi jamur yang pertumbuhannya tidak terkendali bisa menjadi penyebab keputihan abnormal.

Yang mana infeksi ini biasanya disebabkan karena antibiotik tertentu, penggunaan alat kontrasepsi, kehamilan, penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, sistem imun yang lemah, serta hubungan seks yang tidak sehat.

Sementara itu, anda bisa mengenali keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur yaitu dari warna cairannya yang menjadi kental dan putih seperti keju. Tidak hanya itu saja, keputihan yang terjadi akibat dari infeksi jamur ini juga dapat menimbulkan rasa gatal dan sensasi panas pada area organ intim wanita.

Infeksi Bakteri

Selain infeksi jamur, penyebab keputihan setiap hari yang paling umum bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau bacterial vaginosis. Kondisi ini merupakan akibat dari ketidakseimbangan antara dua bakteri di dalam vagina, yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Memang kondisi seperti itu masih belum diketahui penyebab ketidak seimbangannya.

Akan tetapi faktor pemicu yang menyebabkan itu terjadi seperti sering gonta-ganti pasangan seks, tidak memakai kondom, perilaku seks yang tidak aman, kurang menjaga kebersihan vagina, serta penggunaan alat kontrasepsi seperti KB spiral dan pil KB.

Radang leher rahim

Penyebab keputihan setiap hari yaitu radang leher rahim. Radang leher rahim sendiri merupakan sebuah peradangan yang terdapat di ujung bawah rahim . Yang mana kondisi seperti ini memang umum sering terjadi pada wanita dan disebabkan oleh infeksi menular sesksual sepoerti gonore, klamidia, herpes kelamin, serta trikomonisiasis.

Tidak hanya itu saja, penyebab lain dari radang leher rahim seperti alaergi terhadap bahan alat kontrasepsi dan kondom. Terlebih lagi pertumbuhan bakteri yang berlebih juga bisa menyebabkan radang leher rahim.

Pada umumnya, kondisi seperti ini tidak selalu menimbulkan gejala saat menginfeksi. Akan tetapi terkadang terdapat gejala yang cukup jelas yang terjadi pada sebagian orang. Jumlah yang banyak dan keputihan dengan warna abnormal seriang sekali menjadi tanda masalah kesehatan.

Trikomoniasis

Penyakit seksual menular yang disebakan oleh parasit Trichomonas vaginalis adalah Trikomoniasis. Penyakit ini juga bisa menjadi penyebab keputihan setiap hari yang dialami wanita.

Pada saat melakukan kontak seksual, parasit ini menginfeksi melalui organ intim kewanitaan. Apabila seseorang itu sudah terkenal infeksi tersebut, maka besar kemungkinan seseorang itu akan mengalami keputihan setiap hari yang tidak normal.

Sementara itu beberapa ciri kuputihan yang disebabkan oleh trikomoniasis yaitu seperti keluarnya cairan keputihan memiliki bau tidak sedap serta menimbulkan rasa gatal, keputihan yang keluar berubah warna menjadi kehijauan atau kining dan cairanya lebih kental.

Human Papillomavirus

Penyebab keputihan setiap hari yang terakhir adalah Human Papillomavirus (HPV). Yang mana hal tersebut merupakan sebuah virus yang dapat menyebabkan kanker serviks. Adapun sebuah ciri wanita yang terinfeksi virus tersebut akan mengalami keputihan yang disertai dengan keluarnya cairan berwarna kecoklatan atau kemerahan. Infeksi virus inilah yang akhirnya akan menyebabkan keputihan yang abnormal pada wanita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *